Sejarah

Sejarah SMK Negeri 2 Palembang

 

Tahun 1957 berdiri suatu lembaga pendidikan yang bernama Sekolah Teknologi Menengah (STM) yang berstatus swasta. Pemimpin lembaga tersebut adalah seorang berkebangsaan Belanda bernama A.J. Frietman. Lembaga pendidikan tersebut bertempat di Jalan Mayor Ruslan Lorong Pagar Alam Palembang.

Pada tahun 1959 dikeluarkanlah Keputusan Dirjen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1290/B.3/KEDJ/1959 tanggal 1 September 1959. Tentang perubahan status Sekolah Menengah Kejuruan ( STM ) Swasta menjadi Sekolah Menengah Kejuruan ( STM ) Negeri.

Pada tahun 1959 setelah habis masa jabatan kepemimpinan A.J. Frietman digantikan oleh bapak Saban. Kepemimpinan Bapak Saban berjalan dalam waktu yang sangat singkat, yaitu selama 6 (enam) bulan. Pada saat itu, untuk menggantikan pimpinan lama bukanlah hal mudah, karena tenaga-tenaga yang dianggap mampu untuk memimpin STM ini penuh dengan kesibukan tugas serta adanya gejolak perjuangan bangsa Indonesia pada saat itu. Karena pendidikan STM harus tetap berjalan, maka pimpinan STM dipegang langsung oleh Bapak Usman Rohim sebagai Caretaker. Ini hanya berlangsung dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan.

Pada bulan Juli 1966 dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kepala Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan. SK Menteri tersebut menunjuk Drs. Abdullah Don sebagai Kepala STM Negeri sampai dengan tanggal 2 Juli 1967. Pada akhir tahun 1967 ditetapkanlah Bapak Syafei Rachman, B.E. sebagai Kepala STM 1 Palembang.

Tahun 1968 mulailah pembangunan gedung baru STM 1 Palembang yang berlokasi di Jalan Batang Hari Sembilan, yang sekarang berubah menjadi Jalan Demang Lebar Daun Palembang. Secara bertahap pembangunan dilaksanakan, akhirnya STM 1 Palembang memiliki gedung sendiri dan semua kegiatan pindah ke lokasi baru.

Mulai tahun 1978 STM 1 Palembang melaksanakan kegiatan praktik di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat.

Pada tahun 1979 ditunjuklah Bapak Drs. Syarofah Jafri menjadi kepala STM Negeri 1 Palembang. Pada saat itu dimulailah Program pengembangan pembangunan ruang belajar, kantor, sarana olah raga, perpustakaan dan mushallah. Kepemimpinan beliau berakhir pada tahun 1984Tahun 1984 sampai dengan 1993 STM Negeri 1 Palembang dipimpin oleh Bapak Ir. Rizal Arjuna. Pada kepimpinan beliau program pembangunan dilanjutkan. Program peningkatan mutu guru dilaksanakan melalui penataran, magang diperusahaan dan praktik industri. Selain itu, didirikan koperasi guru dan pegawai, kantin, taman sekolah, tempat parkir dan pintu gerbang yang menambah keindahan STM 1 Palembang.

Tahun 1993 kepala STM Negeri 1 Palembang dipimpin oleh Bapak Drs. Berlian Somad. Kepemimpinan beliau berakhir pada tahun 1998. Pada kepemimpinan beliau STM Negeri 1 Palembang berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejurusan Negeri 2 Palembang disingkat SMK Negeri 2 Palembang dan mendapat bantuan berupa pembangunan 2 unit gedung praktik.

Tahun 1998 Kepala SMK Negeri 2 Palembang diganti oleh Bapak Drs. Saiful, M.B.A. pada kepemimpinan beliau pembangunan 2 unit gedung praktik selesai. Selain itu dilakukan juga pengembangan ruang guru, kantor, penambahan mobiler, penataan administrasi pendidikan, dan penataan lingkungan terus dikembangkan.

Kepemimpinan Bapak Drs. Saiful, MBA, digantikan oleh Bpak Drs. H. Riza Fahmi, M.M. pada tahun 2002. Pada masa kepemimpinan beliau dilakukan penataan di berbagai bidang untuk peningkatan mutu sekolah.

Tahun pelajaran 2003/2004 SMK Negeri 2 Palembang meningkatkan hubungan dengan dunia usaha/usaha industri yang berstandar internasional yaitu kerjasama dengan PT Astra Internasional Tbk dan Group, Konsultan serta Industri lainnya. Kerjasama tersebut dilaksanakan dalam bentuk kelas unggulan atau kelas industri yang melakukan pembelajaran secaraWeek Release. Kerjasama ini terus dikembangkan sampai saat ini.

Tahun 2006 SMK Negeri 2 Palembang diakreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah tingkat propinsi. Ada 6 ( enam ) program keahlian yang diakreditasi yaitu Teknik Survey Pemetaan, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Instalasi Listrik, Teknik Listrik Pemakaian, Teknik Mesin Produksi, Teknik Mekanik Otomotif. Semua program keahlian tersebut mendapat predikat Amat Baik (A).

Pada saat di bawah kepemimpinan Bapak Drs. H. Riza Fahmi, M.M. SMK Negeri 2 Palembang mulai melakukan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dan mulai tahun pelajaran 2007/2008 diterapkan Manajemen Mutu. Pada Tanggal 5 Desember 2007 Memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2000 dari SGS dengan Nomor Sertifikat ID07/0989 untuk Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Bangunan dan Teknik Mekanik Otomotif.

Semenjak tanggal 04 Februari 2009 kepemimpinan Bapak Drs. H. Riza Fahmi, M.M. diserah terimakan kepada Bapak Drs. Rahman HS sebagai pelaksana tugas Kepala Sekolah.

Masa jabatan Bapak Drs. Rahman HS berakhir pada tanggal 27 April 2010, yang selanjutnya diserahkan kepada Ibu Dra. Hj. Hernawati, M.M. mengawali masa jabatan Kepala Sekolah, Ibu Hj. Hernawati, M.M. telah membuat kebijakan pembukaan kembali Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. Setelah mendapat persetujuan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Palembang, maka pada tahun pelajaran 2010/2011 Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan telah menerima peserta didik baru.

Setelah 3 (tiga) tahun Implementasi ISO 9001 : 2000 dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten di SMK Negeri 2 Palembang, maka pada tanggal 1 Juli 2010 dilaksanakan Resertifikasi Versi ISO 9001 : 2008, dengan hasil SMK Negeri 2 Palembang layak memperoleh Sertifikasi ISO 9001 : 2008 bernomor ID07/00989 tertanggal 05 Desember 2010. Pada tanggal 6 November 2010 dilaksanakan Akreditasi Nasional untuk 7 (tujuh) Kompetensi Keahlian, yaitu : Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Gambar Bangunan (TGB), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Mekatronika (TMek), Teknik Survey Pemetaan (TSP),dan Teknik Sepeda Motor (TSM), sedangkan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan (TPM) belum dapat akreditasi, karena belum meluluskan siswa.

Untuk menuju Sekolah Model (Rujukan) SMK Negeri 2 Palembang ditetapkan sebagai penerima bantuan dana hibah sekolah model berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama Pemberian Bantuan Pembangunan SMK Model/Rujukan SMK Negeri 2 Palembang antara Kepala Kasi Sarana Komitmen Kegiatan Penyediaan dan Peningkatan Layanan Pendidikan SMK Subdit Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Ketua Komite Pembangunan SMK Model/Rujukan SMK Negeri 2 Palembang Nomor : 541/D3.4/Kep/KU/2013 tanggal 27 Maret 2012, sehubungan dengan realisasi bantuan tersebut, maka pada tanggal 14 Juli 2012 telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor, ruang belajar, dan ruang bengkel, oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kota Palembang yang diwakili Kabid SM/SMK bapak Drs. H. Riza Fahmi, M.M., didampingi Anggota DPRD Kota Palembang dan kepala SMK Negeri 2 Palembang, Dra. Hj. Hernawati, M.M.

Pada tanggal 19 Juli 2013 Gedung Kantor, Ruang Belajar, dan Ruang Bengkel bantuan Sekolah Model (rujukan) diresmikan pemakaian gedung baru oleh Walikota Palembang, bapak H. Eddy Santana Putra didampingi Dirjen Pendidikan Menengah Menteri Pendidikan dan kebudayan Republik Indonesia Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan Bapak Ir. Anang Tjajono, M.T.

Kemudian tanggal 27 April 2015 kepemimpinan Ibu Dra. Hj. Hernawati, M.M. diserah terimakan kepada Bapak H. Syaifullah Sofuan, ST., M.Si. dengan Surat Keputusan Walikota Palembang Nomor: 821/050/BKD/Diklat-V-2015.

Pada tanggal 8 April 2016 Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan membuat surat keputusan untuk menunjuk SMK Negeri 2 Palembang Menjadi SMK Berpotensi Rujukan dengan Nomor : 705/D5.2/KP/2016.

Selanjutnya pada tanggal 09 Januari 2017 kepemimpinan Bapak H. Syaifullah Sofuan, ST., M.Si diserah terimakan kepada Bapak Drs. H. Zulkarnain, M.T. dengan Surat Perintah Penugasan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Nomor: 800/289/set.3/Disdik.SS/2017 pada tanggal 06 Januari 2017.